Pendidikan Perlu Perhatian

Setiap tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat Hardiknas? Moment yang diperingati setiap tahun itu memang selalu menjadi refleksi mengenai kondisi pendidikan di Indonesia.

Sebagai potret pendidikan yang terjadi di negeri ini, mungkin dari kita masih segar dalam ingatan tentang kasus pelecehan di TK JIS (Jakarta Internasional School). Wajar saja jika pada peringatan Hardiknas tahun ini, ada pihak yang berdemo agar JIS ditutup. Itu yang saya dengar di salah satu berita TV sembari saya makan siang tanggal 2 Mei 2014.

Tak hanya di TK, ditingkat senior yang lebih tinggi, STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) juga terdapat kasus yang kurang mengenakkan, yakni meninggalnya salah satu mahasiswa akibat kekerasan dari seniornya. Meski terjadi diluar kampus, namun tetap saja hal ini sangat disayangkan. Mengingat STIP berada langsung dibawah komando Dinas Perhubungan milik pemerintah pusat.

Ini belum lagi nasib bangunan sekolah dan guru di belahan Indonesia. Seperti salah satu kabar dari TV juga yang saya dapatkan usai makan siang tepat sebelum menulis artikel ini, ada guru yang hanya digaji Rp100 ribu per bulan oleh sekolahnya. Yang lebih membuat iba lagi, hal itu sudah berlangsung selama 10 tahun.

Dalam benak ini terpikirkan, tabah sekali itu yang rela mengajar selama 10 tahun namun gajinya hanya Rp100 ribu per bulan.

Itu segelintir potret pendidikan yang SELALU DIBAHAS tiap tahun. Semoga saja pemerintah bisa lebih memberikan perhatian untuk dunia pendidikan kita, untuk pahlawan tanpa tanda jasa kita.

Pendidikan butuh perhatian.

 

Leave a comment

One thought on “Pendidikan Perlu Perhatian

  1. Akinari Amori

    walah. menulisnya diperbaiki lagi bos. masa judul ditulis huruf kecil semua. kalau mau menarik perhatian coba tulisannya dibuat lebih menarik lagi. judulnya juga. 😊😊

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *