5 Unsur Logam Paling Langka di Dunia

Iridium (no atom: 77)

Iridium merupakan logam berwarna putih keperakan dan memiliki tekstur yang agak rapuh.

Unsur Logam Langka ini biasanya dicampurkan dengan platinum sehingga dapat diterapkan dan digunakan. Unsur logam iridium banyak ditemukan pada meteorit. Logam ini banyak terdapat di luar angkasa, tetapi di bumi jumlahnya sangatlah minim, ini karena ketika meteorit jatuh, logam menjadi sangat padat dan sukar diisolasi oleh manusia. Jauh lebih mudah untuk mengambilnya di meteorit luar angkasa dibandingkan menggali di situs meteorit yang ada di bumi.

Kegunaan iridium ialah pada pembuatan jarum kompas dan bahkan ujung bolpoint.

Indium (no atom 49)

Indium sering dikatakan sebagai logam bocah bayi, ini dikarenakan teksturnya yang sangat lembut dan lentur. Warna logam inipun terbilang sesuai jika digambarkan sebagai bayi, karena warnanya biru muda di bagian dalam dan putih mengilap di luarnya. Indium merupakan logam yang sangat langka, biasanya ditemukan pada campuran bijih seng (zink).

Kegunaan indium sangat penting pada pembuatan TV layar datar (flat screen)dan solar panel.

Rhenium (no atom 75)

Rhenium memang merupakan unsur logam yang kurang terkenal, tetapi sebenarnya Unsur logam ini merupakan salah satu logam dengan densitas tertinggi di dunia dan memiliki titik didihh yang tertinggi ketiga dari semua unsur yang ada. Rhenium sangat langka dan sulit diperoleh, salah satu cara menghasilkan rhenium ialah limbah dari proses penambangan tembaga (cu).

Kegunaan Rhenium ialah merupakan bahan dasar dalam pembuatan filamen pada X-Ray.

Osmium (no atom 76)

Osmium juga merupakan salah satu unsur paling padat di dunia. Warna dasar logam ini ialah Biru-keperakan.

Unsur Logam ini sering digunakan dengan campuran alloy untuk memperkuat material.

Kegunaan Osmium ialah sebagai bahan dasar pembuatan jarum suntik dan ujung pulpen.

Emas (no atom 79)

Emas pasti menjadi logam langka, bukan hanya karena sulitnya memperoleh emas, tetapi juga karena penggunaanya yang banyak. Selain langka keberadaanya,

Unsur logam yang satu ini juga cukup sulit untuk diperoleh dari mineral aslinya, sehingga menambah nilai dan kelangkaannya.

Kegunaan Emas sepertinya telah banyak kalian ketahui juga. Emas paling banyak digunakan dalam perhiasan, elektroplating, dan digunakan dalam chip komputer.

Kelima logam ini merupakan logam yang istimewa. Semoga saja postingan 5 Logam Paling Langka ini memberikan manfaat buat teman-teman semua. Thanks for reading!

Leave a comment

2 thoughts on “5 Unsur Logam Paling Langka di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *