Tutorial Chemdraw

Tutorial Chemdraw

1. Buka aplikasi Chemdraw yang telah diunduh dan diinstall dengan cara klik icon Chemdraw 

2. Tampilan yang awal muncul pada aplikasi Chemdraw adalah seperti berikut

3. Untuk memulai membuat senyawa N-(4-hydroxyphenyl) ethanamide atau yang biasa disebut parasetamol, yang pertama dilakukan adalah klik icon solid bond pada toolbook sebelah kiri.

4. Selanjutnya gambarlah membentuk struktur parasetamol dengan cara klik mouse kiri tahan lalu geser, akan akan didapatkan tampilan sebagai berikut.

5. Selanjutnya tambahkan ikatan rangkap dengan terlebih dahulu klik pada toolbook sebelah kiri, kemuadian sesuaikan posisi rangkap dua dari struktur senyawa parasetamol tersebut, maka akan didapatkan tampilan sebagai berikut.

6. Selanjutnya adalah mengganti jenis atom karena semua standar penulisan pada ChemDraw ini menggunakan atom karbon. Caranya yaitu dengan menggunakan iconpada toolbook sebelah kiri, lalu double klik pada bagian yang kita inginkan untuk diubah lalu mengisinya dengan nama senyawa yang diinginkan dengan menggunakan huruf capital seperti pada tampilan berikut

7. Struktur parasetamol telah selesai dibuat. Tampilan struktur parasetamol 2D yang berhasil dibuat yaitu sebagai berikut.

8. Jika kita ingin merubahnya menjadi 3D dengan menggunakan toolbox baji hitam. Dengan itu kita nantinya akan mendapatkan stereokimia dari senyawa tersebut. Fasilitas lain yang ada dalam ChemDraw ini adalah simulasi NMR 13C dan 1H. Cukup mudah bukan?

Selamat Mencoba 🙂

semoga bermanfaat 🙂

Leave a comment

7 thoughts on “Tutorial Chemdraw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *